Silabus Pembelajaran IPS SD

SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                         : S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Kode Mata Kuliah                  :

Nama Mata Kuliah                  : Pembelajaran IPS SD

Jumlah SKS                            : 2 SKS

Semester                                  : II (Dua)

Mata Kuliah Prasarat              :   –

Deskripsi Mata Kuliah            : Mata kuliah ini penting bagi mahasiswa dalam mencapai kompetensi dasar ilmu IPS. Hal ini bertujuan untuk mengaplikasikan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar pada kemudian hari. Dalam hal ini, mahasiswa diwajibkan mengkaji beberapa hal yang masuk dalam pokok kajian pembelajaran IPS SD yang meliputi: konsep-konsep pendidikan IPS SD; hakikat dan strategi pembelajaran di SD, prosedur dan model mengajar, metode dan media pembelajaran, ketrampilan dasar mengajar 1 dan 2, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas dan disiplin kelas, serta pembelajaran kreatif dan inovatif.

Kompetensi Inti:

  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya..
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

 

KOMPETENSI DASAR

 

INDIKATOR

PENGALAMAN BELAJAR MATERI AJAR WAKTU ALAT/BAHAN/ SUMBER BELAJAR PENILAIAN
1.1       Mahasiswa mampu mengenal, mengetahui, dam memahami konsep pendidikan IPS SD. Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD   .

2.3       Menunjukan rasa peduli mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang hakikat strategi pembelajaran di SD sebagai rasa cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk cerita, tulisan, mengemukakan pendapat atau media lainnya.

 

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD.

2. Sosial

a.       Menunjukan kepedulian untuk belajar tentang konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki rasa tanggungjawab dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD sebagai rasa kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang konsep dan karakteristik IPS SD sebagai rasa kejujuran dan cinta tanah air dalam diri dan lingkungan.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman mengenai konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat tulisan mengenai konsep dan karakteristik pendidikan IPS SD.

Mengetahui, memahami, mengkaji konsep pendidikan IPS. a.       Konsep pendidikan IPS SD.

b.       Penjelasan karakteristik pendidikan IPS SD.

100

menit

1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tes Tertulis
1.2       Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD   .

2.4       Menunjukan rasa peduli mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang hakikat strategi pembelajaran di SD sebagai rasa cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk cerita, tulisan, mengemukakan pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan hakikat strategi pembelajaran di SD terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari hakikat strategi pembelajaran di SD.

2. Sosial

a.       Menunjukan kepedulian untuk belajar tentang hakikat strategi pembelajaran di SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki rasa cinta tanah air dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait hakikat strategi pembelajaran di SD.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang hakikat strategi pembelajaran di SD sebagai rasa kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh hakikat strategi pembelajaran di SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang hakikat strategi pembelajaran di SD sebagai rasa cinta tanah air dalam diri dan lingkungan.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat tulisan mengenai hakikat strategi pembelajaran di SD.

Mengetahui, memahami, mengkaji Hakikat Strategi Pembelajaran di SD.

 

Hakikat Strategi Pembelajaran di SD.

 

100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tes Tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai prosedur dan model pembelajaran.

2.3    Menunjukan rasa kedisiplinan dalam hal prosedur dan model pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang mengenai prosedur dan model pembelajaran sebagai percaya diri dan tanggung jawab.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai prosedur dan model pembelajaran dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk cerita, tulisan, mengemukakan pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan prosedur dan model pembelajaran terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari prosedur dan model pembelajaran.

2. Sosial

a.       Menunjukan kedisiplinan untuk belajar tentang prosedur dan model pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang prosedur dan model pembelajaran sebagai rasa percaya diri dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh prosedur dan model pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang konteks prosedur dan model pembelajaran sebagai rasa tanggungjawab dalam diri dan lingkungan.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan contoh-contoh mengenai prosedur dan model pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat tulisan mengenai prosedur dan model pembelajaran.

Mengetahui, memahami, mengkaji Model belajar mengajar dan prosedur pembelajaran Model belajar mengajar dan prosedur pembelajaran 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tes Tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya    .

2.3       Menunjukan rasa tanggungjawab mengenai konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya sebagai rasa santun dan peduli.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk cerita, tulisan, mengemukakan pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari konteks IPS dalam lingkup lokal, nasional, dan global.

2. Sosial

a.       Menunjukan sikap yang santun untuk belajar tentang konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki rasa tanggungjawab dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya sebagai rasa tanggungjawab dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya sebagai kepedulian dan kesantunan dalam diri dan lingkungan.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh mengenai konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat kerangka pikir dan karya dalam bentuk makalah mengenai konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya

 

·         Mengetahui, memahami, mengkaji Konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya.

 

·         Konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya

 

100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai konsep sosiologi, geografi dan psikologi .

2.3       Menunjukan rasa disiplin dan percaya diri mengenai konsep sosiologi, geografi dan psikologi

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang konsep sosiologi, geografi dan psikologi sebagai jujur dan tanggungjawab.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai konsep sosiologi, geografi dan psikologi dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk cerita, tulisan, mengemukakan pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan konsep sosiologi, geografi dan psikologi terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari konsep sosiologi, geografi dan psikologi .

2. Sosial

a.       Menunjukan sikap yang disiplin untuk belajar tentang konsep sosiologi, geografi dan psikologi

b.       Membiasakan memiliki rasa percaya diri dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait konsep sosiologi, geografi dan psikologi .

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang konsep sosiologi, geografi dan psikologi sebagai rasa jujur dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh konsep sosiologi, geografi dan psikologi

c.        Menerapkan tentang konsep sejarah, ekonomi, politik, dan budaya sebagai tanggungjawab dalam diri dan lingkungan.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh mengenai konsep sosiologi, geografi dan psikologi

b.       Membuat kerangka pikir dan karya dalam bentuk makalah mengenai konsep sosiologi, geografi dan psikologi .

·         Mengetahui, memahami, mengkaji konsep sosiologi, geografi dan psikologi. ·         Konsep sosiologi, geografi dan psikologi. 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai metode dan media pembelajaran.

2.3       Menunjukan rasa santun dan jujur mengenai metode dan media pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang metode dan media pembelajaran sebagai peduli dan cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai metode dan media pembelajaran dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan metode dan media pembelajaran terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari metode dan media pembelajaran.

2. Sosial

a.       Menunjukan sikap yang santun untuk belajar tentang metode dan media pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki kejujuran dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait metode dan media pembelajaran.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang metode dan media pembelajaran sebagai rasa kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh metode dan media pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang metode dan media pembelajaran sebagai rasa cinta tanah air dalam diri dan lingkungan.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh mengenai metode dan media pembelajaran dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat kerangka pikir dan karya dalam bentuk makalah mengenai metode dan media pembelajaran.

Mengetahui, memahami, mengkaji Pemilihan metode dan media pembelajaran Pemilihan metode dan media pembelajaran 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai ketrampilan dasar mengajar 1.

2.3       Menunjukan rasa percaya diri dan santun mengenai ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia ekonomi dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia sebagai tanggungjwab dan disiplin.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai ketrampilan dasar mengajar 1 dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia.

2. Sosial

a.       Menunjukan rasa percaya diri untuk belajar tentang ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki sikap yang santun dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia sebagai rasa tanggungjawab dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia sebagai manusia yang disiplin.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh mengenai ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat kerangka pikir dan karya dalam bentuk makalah mengenai ketrampilan dasar mengajar 1 terhadap kehidupan manusia.

Mengetahui, memahami, mengkaji Ketrampilan dasar mengajar 1 Ketrampilan dasar mengajar 1 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai ketrampilan dasar mengajar 2.

2.3       Menunjukan rasa cinta tanah air dan peduli mengenai ketrampilan dasar mengajar 2 terhadap kehidupan manusia ekonomi dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri dan lingkungan tentang ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia sebagai santun dan tanggungjawab.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan ketrampilan dasar mengajar 2 terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari ketrampilan dasar mengajar 1terhadap kehidupan manusia.

2. Sosial

a.       Menunjukan rasa cinta tanah air untuk belajar tentang ketrampilan dasar mengajar 2 terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki kepedulian dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait ketrampilan dasar mengajar 2.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia sebagai rasa keasantuan dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia sebagai manusia yang bertanggungjawab.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh mengenai ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat kerangka pikir dan karya dalam bentuk makalah mengenai ketrampilan dasar mengajar 2 dan terhadap kehidupan manusia.

Mengetahui, memahami, mengkaji Ketrampilan dasar mengajar 2 Ketrampilan dasar mengajar 2 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon 13.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai remedial dan pengayaan.

2.3       Menunjukan rasa jujur dan disiplin mengenai remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia ekonomi dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami, mengamati dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia sebagai santun dan percaya diri.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia.

2. Sosial

a.       Menunjukan rasa jujur untuk belajar remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membiasakan memiliki kedisiplinan dalam kehidupan individu dan masyarakat terkait remedial dan pengayaan.

3. Pengetahuan

a.       Memahami tentang remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia sebagai rasa kesantunan dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang manusia remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia sebagai manusia yang percaya diri.

4. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh mengenai remedial dan pengayaan dan terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Membuat kerangka pikir dan karya dalam bentuk makalah mengenai remedial dan pengayaan dan terhadap kehidupan manusia.

Mengetahui, memahami, mengkaji Kegiatan remedial dan pengayaan Kegiatan remedial dan pengayaan 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai pengelolaan kelas dan disiplin kelas.

2.4       Menunjukan rasa peduli tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas terhadap kehidupan manusia ekonomi dalam kehidupan individu dan masyarakat.

3.2 Memahami dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas terpadu sebagai sikap percaya diri dan cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan pengelolaan kelas dan disiplin kelas terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari pengelolaan kelas dan disiplin kelas.

2. Pengetahuan

a.       Memahami tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas terhadap kehidupan manusia sebagai peduli dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas kehidupan manusia sebagai manusia yang peduli.

3. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Menyajikan atau mempraktekan pengelolaan kelas dan disiplin kelas terhadap kehidupan manusia khususnya dalam ilmu pendidikan.

Mengetahui, memahami, mengkaji Pengelolaan kelas dan disiplin kelas

 

Pengelolaan kelas dan disiplin kelas

 

100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Presentasi, Lembar Diskusi dan tes tertulis
1.1    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu.

3.2 Memahami dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu sebagai sikap percaya diri dan cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

1.       Spiritual

a.       Menghubungkan pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu.

2. Pengetahuan

a.       Memahami tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia sebagai rasa percaya diri dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu kehidupan manusia sebagai manusia yang cinta tanah air.

3. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Menyajikan atau mempraktekan pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia khususnya dalam ilmu pendidikan.

Mensimulasikan pembelajaran inovatif dan kreatif.

(pembelajaran kooperatif)

Simulasi model-model pembelajaran inovatif dan kreatif

(pembelajaran kooperatif)

 

100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Simulasi Pembelajaran Kooperatif
1.2    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu.

3.2 Memahami dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu sebagai sikap percaya diri dan cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

2.       Spiritual

a.       Menghubungkan pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu.

2. Pengetahuan

a.       Memahami tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia sebagai rasa percaya diri dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu kehidupan manusia sebagai manusia yang cinta tanah air.

3. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Menyajikan atau mempraktekan pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia khususnya dalam ilmu pendidikan.

Mensimulasikan pembelajaran inovatif dan kreatif (pembelajaran quantum). Simulasi model-model pembelajaran inovatif dan kreatif (pembelajaran quantum). 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon.

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Simulasi pembelajaran Quantum
1.3    Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada manusia untuk melakukan kegiatan dan belajar mengenai pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu.

3.2 Memahami dan mencoba rasa ingin tahu dalam diri tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu sebagai sikap percaya diri dan cinta tanah air.

4.3 Menyajikan hasil pemahaman mengenai remedial dan pengayaan terhadap kehidupan manusia dalam aspek sosial, pendidikan, dan budaya seperti dalam bentuk pendapat atau media lainnya.

3.       Spiritual

a.       Menghubungkan pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia terhadap karunia Yuhan YME.

b.       Menyebutkan sikap-sikap yang mencerminkan ucapan syukur pada Tuhan YME dalam hal mempelajari pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu.

2. Pengetahuan

a.       Memahami tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia sebagai rasa percaya diri dalam kehidupan bermasyarakat.

b.       Mengamati contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu dalam kehidupan individu dan masyarakat.

c.        Menerapkan tentang pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu kehidupan manusia sebagai manusia yang cinta tanah air.

3. Ketrampilan

a.       Menyebutkan pemahaman dan contoh-contoh pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia dalam kehidupan individu dan masyarakat.

b.       Menyajikan atau mempraktekan pengelolaan kelas dan disiplin kelas berupa pembelajaran kooperatif, quantum, dan terpadu terhadap kehidupan manusia khususnya dalam ilmu pendidikan.

Mensimulasikan pembelajaran inovatif dan kreatif (pembelajaran terpadu/tematik) Simulasi model-model pembelajaran inovatif dan kreatif (pembelajaran terpadu/tematik) 100 menit 1.       A. Dakir. 2009. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Solo: PPG UNS.

2.       Dadang Supardan. 2008. Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

3.       Faqih S & Bunyamin. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: Maulana.

4.       Nursid Sumatmadja. 2005. Konsep dasar IPS. Jakarta : UT.

5.       Sri Anitah. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: UT.

6.       Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Solo: PPG UNS Rayon

7.       Winataputra, U. S. (2008). Materi Dan Pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Simulasi pembelajaran Terpadu

 

Tinggalkan komentar